Kamis, 03 Desember 2015

Laporan Kunjungan Belajar Lapangan di Posyandu Balita



TUGAS TERSTRUKTUR
MATA KULIAH ILMU KESEHATAN MASYARAKAT (IKM)

LAPORAN HASIL KUNJUNGAN BELAJAR LAPANGAN
POSYANDU BALITA “APEL” RW V KEL. BANCARKEMBAR
KELOMPOK V


Disusun oleh:
          1.      Eko Pangestu W.                      G1B014018
          2.      Umi Aprian Musti W.              G1B014037
          3.      Ridha Auliya Haq                    G1B014040
          4.      Mayassisca                              G1B014048
          5.      Nur Vianingsih                         G1B014071
          6.      Beta Ana Fajar                        G1B014089
          7.      Nisa Khoirullisani                    G1B014100
KELAS A



KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
JURUSAN KESEHATAN MASYARAKAT
PURWOKERTO
2015

I.        PROFIL POSYANDU
1.      Nama                                         : Posyandu Balita “Apel
2.      Alamat                                       : Jl. Gunung Muria Gg. Gunung Lawu RW V Kel.
 Bancarkembar
3.      Tahun Berdiri                            : ± 1980an
4.      Stratifikasi                                 : Posyandu Madya
5.      Kepengurusan
a.       Landasan Hukum               : Sudah memiliki SK
b.      Jumlah Pengurus                 : 5 orang
c.       Struktur Kepengurusan
§  Ketua                           : Ibu Khusnul
§  Sekretaris                     : Ibu Uryaningsih
§  Bendahara                   : Ibu Darseno
§  Anggota                      : 1. Ibu Wahyuni
  2. Ibu Sudi


6.      Jumlah Kader                            : 5 orang (yang merupakan pengurus posyandu)
7.      Jenis Kader                                : Kader gizi/kesehatan
8.      Jumlah Balita                             : 30 anak
9.      Sarana Prasarana
a.       Jenis sarana                         : Belum lengkap, hanya ada timbangan injak dan
 duduk, KMS, alat ukur TB, meja kursi.
b.      Jumlah sarana                     : Belum memenuhi kebutuhan (kurangnya KMS)
c.       Kondisi sarana                    : Baik (tidak rusak)
d.      Satatus Tempat                   : Belum ada tempat khusus posyandu
 (menggunakan Masjid Munawaroh)
e.       Lokasi                                 : Tidak menetap
10.  Pendanaan
Jumlah dana cukup untuk mendanai kegiatan operasional posyandu yang sumbernya berasal dari swadaya masyarakat setempat dengan iuran rutin per bulan Rp 40.000,00. Selain dari iuran, posyandu juga dibiayai oleh kelurahan sebesar Rp 100.000,00/tahun dan puskesmas sebesar Rp 50.000,00/tahun untuk PMT.
11.  Pelaksanaan Program Pokok Posyandu
a.       Jenis kegiatan di Posyandu Balita “Apel” hanya ada 4 meja, yaitu:
§  Meja I                          : Pendaftaran
§  Meja II                        : Penimbangan
§  Meja III                       : Pengisian KMS
§  Meja IV                       : Penyuluhan oleh kader
b.      Sasaran                            : Belum lengkap, hanya bayi dan anak/balita
12.  Pelaksanaan Program Pengembangan
a.       Program telah dilakukan     : Kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN),
 pemantauan untuk deteksi dini penyakit ringan
b.      Kesinambungan program    : Insidental, tidak dilakukan secara rutin
c.       Pencapaian program           : Tepat sasaran namun belum efektif
13.  Pelaksanaan Administrasi
a.       Kelengkapan administrasi  : Belum lengkap
b.      Pengisian buku wajib SIP   : Belum tertib
c.       Pelaporan posyandu           : Rutin dan tepat waktu ke puskesmas dan
 kelurahan
II.            KINERJA POSYANDU
1.      Frekuensi Penimbangan             : Lebih dari 8 kali per tahun (11 kali)
2.      Cakupan D/S                             : Lebih dari 50% (± 60%)
3.      Cakupan N/D                            : Lebih dari 50%
4.      Cakupan K/S                             : Kurang dari 50%  (±30%)
5.      Cakupan Pemberian Vit. A        : Lebih dari 50% diberikan kepada balita
6.      Cakupan Imunisasi                    : Tidak melayani
7.      Cakupan K4                              : Tidak melayani
8.      Cakupan KB                              : Tidak melayani

III.            KENDALA PENYELENGGARAAN POSYANDU
1.      Kekurangan Sumber Daya Manusia terutama yang masih muda untuk menjadi penerus kader yang sudah tua dan tidak adanya SDM Kesehatan seperti bidan, ahli gizi, dokter, penyuluh kesehatan.
2.      Masih banyak balita yang tidak diperiksakan ke posyandu.
3.      Kelurahan kurang peduli terhadap kegiatan posyandu.

IV.            HARAPAN PENGURUS POSYANDU
1.      Ada kader-kader relawan muda yang bersedia menggantikan kader yang sekarang yang memang kondisinya sudah tua, dan adanya SDM Kesehatan yang dapat mendukung terselenggaranya program-program pokok posyandu.
2.      Semua ibu memiliki kesadaran pentingnya memeriksakan balitanya dengan rutin di posyandu setiap bulan.
3.      Kelurahan lebih peduli dan mendukung kegiatan posyandu, salah satunya dengan memberikan tempat yang diperuntukkan untuk posyandu.

0 komentar:

Posting Komentar